Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

SDN BANRAAS I PULAU OKSIGEN GELAR WISUDA ONLINE

Pulau Oksigen Gili Iyang – Pandemi Covid-19 mengubah banyak hal. Termasuk wisuda di SDN Banraas I. Untuk kali pertama, prosesi yang paling dinantikan para peserta didik tersebut dilakukan di rumah masing-masing.

Tidak pernah terlintas sedikit pun di benak Yayuk Roro Wati akan merayakan kelulusannya dengan cara anti mainstream. Yayuk, sapaan akrabnya, harus menerima kelulusannya melalui prosesi wisuda di rumah.

Pupus sudah harapannya merasakan sakralnya pemindahan tali toga atau mendapat ucapan selamat dari para Guru. Bahkan jabatan tangan dari sahabat-sahabat terdekat.

Tidak ada kemeriahan. Tidak ada tumpukan bunga dan hadiah yang dia terima. Prosesi wisuda kali ini sepi. Sebab, Yayuk hanya merayakannya bersama keluarga di rumah.

"Awalnya dikira wisuda bakal diundur sampai wabah Covid-19 berakhir. Jadi aku tenang-tenang saja. Ternyata tetap dilaksanakan juga. Tidak apa-apa. InsyaAllah penuh berkah karena bisa tetap merayakan dengan kedua orang tua," ucapnya, legawa.

Meski demikian, momen ini diklaim Yayuk menjadi pengalaman yang sangat berkesan dalam hidupnya. Dia tidak akan pernah lupa memori wisuda ini yang digelar sehari setelah pengumuman kelulusan .

"Alhamdulillah kedua orang tua bisa mendampingi. Aku masih tidak habis pikir kalau bakal wisuda seperti. Bakal jadi memori yang tak terlupakan banget," ungkap dia.

Sebenarnya, Yayuk masih mendambakan seremonial wisuda seperti biasanya. Dia ingin perjuangannya menempuh pendidikan di almamater tercintanya selama enam tahun terbayar lunas dengan kemeriahan perayaan wisuda di sekolah.

Tapi mau tidak mau dia harus maklum. Wabah Covid-19 tak bisa diabaikan. Dia harus mengikuti protokol kesehatan dan anjuran pemerintah untuk upaya memutus mata rantai penyebaran virus dengan di rumah saja.

Adakah rasa menyesal harus menjalani wisuda di tengah wabah Covid-19? Yayuk mengaku tidak. Dia bersyukur karena apapun yang terjadi saat ini sudah ditakdirkan oleh Allah SWT dan pasti terbaik bagi setiap manusia. Dia berpikir positif. Bahwa wisuda di rumah yang dijalaninya adalah takdir terbaik.

“Mungkin ini juga sebagai kesempatan kita untuk mawas diri. Karena setelah kelulusan ada awal perjuangan lain yang telah menanti kita. Kita kan bukan penonton masa depan. Tapi pemain masa depan. Meskipun harus diwisuda di rumah, tidak menghalangiku untuk tetap mengejar impian," urai dia.

Yayuk menyampaikan terima kasih  dengan rancangan acara yang dilakukan pihak sekolah. Sejak jauh-jauh hari, para peserta didik sudah dikumpulkan dalam sebuah WhatsApp Group (WAG) untuk menkoordinasikan berlangsungnya Proses Belajar Mengajar, Ujian daring, termasuk kelulusan dan wisuda.

"Perlengkapan wisuda seperti toga dan topi juga sudah disiapkan pihak sekolah. Jadi kami tetap bisa mengikuti acara dengan atribut lengkap," sambungnya.

"Saya memahami pihak sekolah sebenarnya juga tetap berupaya melaksanakan wisuda periode ini seperti biasa tapi apa mau dikata, dalam masa pandemi keselamatan bersama harus lebih diutamakan sehingga walaupun dilaksnakan di rumah masing-masing, para wisudawan tetap bisa menjalankan wisuda dengan lancar dan khidmat, ungkapnya haru."

Roes
Roes Guru Pembelajar Sumenep

2 komentar untuk "SDN BANRAAS I PULAU OKSIGEN GELAR WISUDA ONLINE"

Tema atau Template Blogger Terbaik.
Template Blogger Terbaik Rekomendasi