Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Email

 

 
 

Meski sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari, banyak orang yang masih belum mengerti perbedaan Cc dan Bcc. Apakah Anda salah satunya? Saat mengirimkan email.

Terkadang banyak yang menganggapnya sama atau bahkan menganggap Bcc adalah untuk menampung Cc dalam jumlah besar. Agar tidak salah kaprah dalam penggunaannya, berikut ini perbedaan Cc dan Bcc pada email.

Mengenal Cc dan Bcc

Cc merupakan singkatan dari carbon copy. Penamaan ini mengikuti konsep kertas karbon yang digunakan untuk menyalin tulisan pada kertas lain (misalnya pada nota kwitansi). Sedangkan Bcc adalah kependekan dari blind carbon copy. Sama seperti Cc, fitur ini juga akan mengirimkan email yang sama pada penerima.

Sedangkan Bcc adalah kependekan dari blind carbon copy. Sama seperti Cc, fitur ini juga akan mengirimkan email yang sama pada penerima. Namun seperti namanya, Bcc ini blind alias tidak bisa dilihat oleh penerima yang lain, baik itu Cc maupun Bcc. Dari sini Anda sebenarnya sudah dapat menemukan perbedaan Cc dan Bcc.

Perbedaan Cc dan Bcc

Ketika Anda mengirimkan email ke seseorang melalui CC, maka alamat email penerima CC akan bisa dilihat oleh semua penerima email. Misalnya, jika Anda mengirimkan email dengan CC pada hudi@email.com dan eni@email.com, maka keduanya akan tahu bahwa mereka mendapatkan email salinan dari Anda.

Sementara jika Anda mengirimkan email menggunakan BCC, maka penerima email tidak akan tahu bahwa Anda mengirimkan email salinan ke orang lain. Misalnya, Anda memasukkan alamat email Hudi ke CC dan memasukkan alamat email Eni ke BCC, maka Jono tidak akan tahu Eni juga menerima email salinan, tapi Eni akan tahu Jono menerima email yang Anda kirim.

CC bisa Anda gunakan ketika mengirimkan salinan email ke orang-orang yang terlibat tapi bukan penerima utama atau ketika Anda ingin memberitahukan pada para penerima email bahwa ada orang lain yang menerima email yang sama.
 
Sementara BCC bisa Anda gunakan ketika Anda ingin mengirimkan email salinan tanpa diketahui oleh penerima utama. Misalnya, Anda memiliki masalah dengan teman satu kantor Anda. Anda bisa mengirimkan email pada orang tersebut dan mengirimkan email yang sama pada HRD melalui BCC sehingga rekan Anda tidak tahu.
 
BCC juga bisa digunakan ketika Anda ingin mengirimkan email kepada banyak orang. Dengan menggunakan BCC, Anda akan membuat email penerima lainnya menjadi rahasia

Tentang Cc, Bcc, dan email threads

Saat Anda sedang berbalas pesan melalui email, ada kalanya balasan tidak hanya sekali dua kali saja, tetapi bisa berkali-kali. Berbalas email hingga berulang kali inilah yang kemudian disebut dengan email threads atau utas surel. Ternyata, akan ada perbedaan pada email threads jika Anda menggunakan Cc dan Bcc.

Jika Anda menggunakan Cc, seluruh penerima bisa menyambung email threads secara langsung. Lain halnya jika Anda menggunakan Bcc, penerima yang masuk dalam daftar Bcc tidak akan dapat menyambung email threads. Bahkan besar kemungkinannya jika balasan mereka dalam email threads akan tergusur balasan dari penerima lain.

2 komentar untuk "Email"

Tema atau Template Blogger Terbaik.
Template Blogger Terbaik Rekomendasi