Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

INSPIRASI PERUBAHAN

 


Seseorang tidak akan berfikir tentang sebuah perubahan hingga dia merasakan di sekitarnya terdapat fakta yang rusak, adanya keburukan ataupun minimnya kebaikan.  Namun, munculnya kesadaran akan adanya fakta yang rusak saja, belum cukup bisa mengantarkan pada sebuah perubahan kecuali disertai dengan kesadaran akan solusi penggantinya. Karena itu, diperlukan berbagai akselerasi kerja ikhlas, kerja keras, dan kerja cerdas guna mewujudkan perubahan tersebut. Sejarah telah banyak memberikan pelajaran berharga bahwa perubahan bisa terwujud dengan adanya kesungguhan niat dan upaya yang dikerahkan.

Pada Perang Uhud misalnya, Rasulullah SAW telah memberi amanah pada pasukan pemanah dalam Perang untuk tetap berada di atas Bukit Uhud, walau apa pun yang terjadi. Dalam perang dahsyat itu pasukan Muslimin sebenarnya sudah memperoleh kemenangan yang gemilang. Namun, kemenangan tersebut berbalik menjadi kisah pilu, karena pasukan pemanah kaum Muslimin yang tadinya ditempatkan di Bukit Uhud, tergiur akan barang-barang kaum musyrikin yang sebelumnya sempat melarikan diri. Melihat kaum musyrikin melarikan diri dan barang bawaannya tergeletak di lembah Uhud, pasukan pemanah meninggalkan posnya dengan menuruni bukit.

Adanya pengosongan pos oleh pasukan pemanah tersebut digunakan oleh panglima kaum musyrikin, Khalid bin Walid (sebelum masuk Islam) untuk menggerakkan kembali tentaranya guna menyerang umat Islam. Khalid bin Walid, sebelumnya memang digambarkan sebagai seorang ahli strategi yang  memimpin tentara berkuda. Akibat serangan balik tersebut, pasukan kaum muslimin mengalami kerugianan yang tidak sedikit. Sebanyak 70 orang sahabat gugur sebagai syuhada. Termasuk paman Baginda Rasulullah SAW, Hamzah bin Abdul Muthalib. Nabi SAW sangat bersedih atas kematian paman Beliau tersebut.

Fragmen di atas telah memberikan gambaran, bahwa jika kekalahan kaum musyrikin saja bisa berubah menjadi kemenangan dengan memanfaatkan peluang kelalaian pasukan pemanah kaum muslimin, maka Visi Komunitas BBC menjadi wadah inspiratif dan kolaboratif untuk mengembangkan kompetensi anggota komunitas dalam Teknologi Informasi dan Komunikasi, dengan izin dan pertolongan Allah akan juga bisa terwujud. InsyaAllah inilah inspirasi yang bisa diambil dari Firman Allah SWT:

إِنَّ اللَّهَ لَا يُغَيِّرُ مَا بِقَوْمٍ حَتَّى يُغَيِّرُوا مَا بِأَنْفُسِهِمْ

“Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum, sebelum kaum itu sendiri mengubah apa yang ada pada diri mereka” (QS Ar-Ra’d [13]: 11).

 

        WalLahu A'lam bisshowab

Roes
Roes Guru Pembelajar Sumenep

6 komentar untuk "INSPIRASI PERUBAHAN"

  1. Apabila seuntai harapan disandarkan pada FirmanNya dan sabda RasulNya,kemudian dibarengi dg semangat yg ikhlas,kerja keras,dan olah fikir yg cerdas itu pertanda harapan itu akan tercapai bukan lagi harapan dg buaian mimpi yg indah. Semoga aamiin

    BalasHapus
  2. Inspiratif...amazing smg BBC terus exis dan berkibar dengan karya-karyanya yang inspiratif nenjadi agen perubahan itu sendiri.

    BalasHapus
  3. Terima kasih atas semua atensi. Semoga membawa barokah dan bermanfaat bagi kita semua

    BalasHapus
  4. Melakukan perubahan itu sudah menjadi sebuah keharusan, sebab perubahan itu sendiri terjadi pada diri kita secara otomatis, tanpa kita sadari dan ada fase-fase perubahan yang kita sadari dan kita sengaja. Jadi, mau tidak mau kita harus melakukan perubahan

    BalasHapus
  5. Hal yg perlu dan segera dilakukan adalah berubah dari yg buruk ke yg lebih baik

    BalasHapus
Tema atau Template Blogger Terbaik.
Template Blogger Terbaik Rekomendasi