Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

APRESIASI BAGI GURU DAN KEPALA SEKOLAH PENDIDIKAN DASAR TAHUN 2020

         Sebagaimana tertuang dalam Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah Bab I, yang menyatakan bahwa “proses pembelajaran pada satu pendidikan diselenggarakan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup, Bagi para prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik ".

        Apalagi di era 4.0 kompetensi guru benar-benar mendapat tantangan untuk dapat ditingkatkan dan harus menyesuaikan dengan perkembangan zaman agar generasi penerus kita dapat bersinergi dengan zamannya.

Guru beserta kepala sekolah sebagai ujung tombak dalam proses pendidikan, terutama dalam jenjang pendidikan dasar, diharapkan mampu melakukan tugas profesionalnya sehingga menghasilkan generasi yang literat, kompeten, dan berkarakter. Dengan demikian, pengembangan dan dukungan terhadap profesi keguruan yang bukan merupakan pilihan, namun menjadi keharusan yang menjadi daya dorong bagi para guru dan kepala sekolah agar senantiasa yang aktif, kreatif, inovatif, dan inspiratif yang didukung oleh dedikasi tinggi.

    Untuk meningkatkan kompetensinya banyak hal yang dapat dilakukan meski dalam masa pandemi Covid-19, misalnya melalui kegiatan kolektif guru, kepala sekolah, diklat berani, webinar, membuat suata karya inovatif, dsb

Inovasi dan kreatifitas demi pendidikan adalah kewajiban para tenaga edukator, tetapi pemerintah tidak tinggal diam meliat geliat pada edukator.

Banyak program- program pemerintah yang memfasilitasi para edukator dalam mengembangkan dirinya, seperti pada tahun ini ada Program Guru Penggerak, Seri Webinar Guru Belajar, program Guru Belajar di masa pandemi, dsb.

Dari beberapa kegiatan tersebut ada agenda tahunan yang selalu ada yaitu program kompetisi sekaligus apresiasi terhadap Guru / Kepala Sekolah yang dinamakan Lomba Guru / KS Prestasi atau Guru / KS Teladan.

Pada tahun inipun di masa pandemi Kemdikbud menyelenggarakan kegiatan yang sama yang bernama "Apresiasi Bagi Guru & Kepala Sekolah Pendidikan Dasar Tahun 2020"

Program ini sebagai peningkatan peningkatan sumber daya manusia, sebagai apresiasi terhadap guru dan kepala sekolah.

Mari kita Bersiap untuk mendukung program tersebut.

Bagi para Guru dan Kepala Sekolah yang Bersiap mengikuti kegiatan ini

Silahkan Buku Pedoman Apresiasi Bagi Guru & Kepala Sekolah Pendidikan Dasar Tahun 2020

di sini

5 komentar untuk "APRESIASI BAGI GURU DAN KEPALA SEKOLAH PENDIDIKAN DASAR TAHUN 2020 "

Tema atau Template Blogger Terbaik.
Template Blogger Terbaik Rekomendasi