Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Tokoh Arya Wiraraja

T ak kenal maka tak sayang, begitu ungkapan yang sering kita dengar dalam pergaulan sehari-hari. Begitu juga dengan tokoh yang satu ini.  Arya Wiraraja sebuah nama yang baru dikenal oleh masyarakat Sumenep, sejak nama dan awal berkuasanya  7 abad yang lampau ditetapkan menjadi awal berdirinya Kabupaten Sumenep pada tahun 1990,  saat Sumenep dipimpin oleh Bupati Sugondo.(1985-1995).

      Dengan berdasarkan  SK Bupati Nomor 389 tanggal 19 April 1989 terbentuklah tim penentuan Hari Jadi Kabupaten Sumenep yang terdiri dari Sesepuh, Sejarawan, Seniman dan  Budayawan Sumenep. Setelah melakukan kajian yang mendalam, bekerja sama dengan berbagai pihak, Tim kemudian menghasilkan rumusan dan keputusan bahwa setiap tanggal 31 Oktober  ditetapkan sebagai Hari Jadi Kabupaten Sumenep. 

       Hari ini tepat pada tanggal 31 Oktober 2020 adalah Hari Jadi Kabupaten Sumenep yang ke 751, hari dimana setiap tahun biasanya selalu diperingati oleh Pemda Sumenep bersama masyarakat dengan mengadakan lomba-lomba atau pertandingan kemudian ditutup dengan upacara prosesi pelantikan Arya Wiraraja sebagai Raja Sumenep. 

       Sejak mulai ditetapkan tahun 1990 hingga saat ini berarti 30 tahun sudah acara ini selalu diadakan setiap tahun. Tetapi bagi masyarakat awam siapa Arya Wiraraja dan mengapa setiap tahun selalu diperingati belum banyak yang tahu riwayatnya.  

      Ini dapat dimaklumi karena kejadiannya sudah 7 abad yang lalu dan baru diperingati 30 tahun yang lalu sekali dalam satu tahun. Satu hal lagi, tak ada sumber referensi yang mudah untuk dipelajari bagi masyarakat sebagaimana pelajaran-pelajaran sejarah yang pernah diajarkan di bangku sekolah.

Siapa Arya Wiraraja ? 

      Arya Wiraraja atau Banyak Wide (nama kecil)  adalah Adipati Sumenep pada tahun 1269 sd 1292 M. Sesuai dengan namanya Banyak Wide (Widya = pengetahuan) yang memiliki makna banyak pengetahuan atau cerdik. Dalam perjalanan karir politikya  dia kemudian menjadi seorang pejabat tinggi di Kerajaan Singosari sebagai Penasehat Kerajaan.

      Karena berbagai konflik intern di Kerajaan Singosari dia kemudian dipromosikan menjadi Adipati di Sumenep.  Arya Wiraraja kemudian dilantik menjadi Adipati oleh Prabu Kertanegara ( Raja Singosari ) pada tanggal 31 Oktober 1269 yang sekarang kita peringati sebagai Hari Jadi Kabupaten Sumenep.  Pusat pemerintahannya kala itu ada di Kecamatan Batu Putih sekarang.

       Selama memimpin Sumenep banyak kemajuan yang diperoleh. Berbekal sebagai seorang penasehat kerajaan banyak terobosan-terobosan baru dilaksanakan untuk memajukan Sumenep. Salah satunya adalah menjadikan Sumenep sebagai pelabuhan dagang yang penting, yang dapat memajukan perekonomian masyarakat yang mendiami daerah yang dikenal memiliki kondisi geologis alam yang kering dan tandus.

    Hubungan perdagangan yang begitu besar ini pula yang menyebabkan Arya Wiraraja banyak berkomunikasi dengan kerajaan lain di Nusantara termasuk luar negeri seperti Kekaisaran Mongol yang nantinya kita tahu bahwa Arya Wiraraja dan Raden Wijaya banyak ikut andil dalam proses kejatuhan Kerajaan Kediri dengan bekerja sama dengan pasukan Tartar menyerang Kerajaan Kediri dibawah Raja Jayakatwang.

      Kejatuhan Kerajaan Kediri ini kemudian yang mengantar Raden Wijaya menjadi Raja Majapahit pertama. Raden Wijaya adalah menantu Prabu Kertanegara Raja Singosari terahir yang dikalahkan Jayakatwang sehingga Raden Wijaya kemudian memproklamirkan diri menjadi penerus Kerajaan Singosari dengan nama Kerajaan Majapahit.

      Berkat jasa-jasanya inilah kemudian Arya Wiraraja diangkat menjadi Raja bawahan Majapahit di wilayah Jawa bagian timur, mulai dari Lumajang hingga Blambangan (Banyuangi sekarang).

      Adipati Sumenep kemudian digantikan adiknya yang bernama Arya Bangah atau Arya Wiraraja II yang memimpin Sumenep dari tahun 1292 sd. 1301 M sebagai Raja Sumenep ke dua.

      Sebagai catatan terahir, alangkah baiknya riwayat tentang Kota Kabupaten Sumenep ini dibukukan dan dimasukkan dalam kurikulum sebagai muatan lokal untuk diajarkan kepada anak-anak kita di Sekolah.

     Demikianlah sekelumit riwayat tentang tokoh siapa Arya Wiraraja yang tercatat  sebagai Raja Sumenep pertama yang memimpin Sumenep. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita tentang Sumenep dimasa silam.

 Selamat Hari Jadi Sumenep yang ke 751, Semoga Semakin Maju & Sejahtra.

"Tulisan ini telah tayang  di NUR LINE dengan penulis yang sama."

3 komentar untuk "Mengenal Tokoh Arya Wiraraja"

  1. Terima kasih pak H. Nur Hakim atas kontribusniya di blog kita, Komunitas BBC.

    BalasHapus
  2. Sama-sama... Smg BBC terus berkibar...
    Terimakasih pak Kabid...komentar dan dukungannya.

    BalasHapus
Tema atau Template Blogger Terbaik.
Template Blogger Terbaik Rekomendasi